Kebijakan dan arah pengembangan Bagian Kerjasama dan Kelembagaan tertuang dalam Kebijakan 5 (lima) “Kebijakan Peningkatan Kerjasama dan Reputasi Internasional” Rencana Strategis (Renstra) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2017-2021. Kebijakan tersebut dapat terwujud salah satunya dengan program peningkatan mitra kerjasama.

Selain itu, Bagian Kerjasama dan Kelembagaan menginisiasi pengembangan pelacakan alumni melalui tracer study dan fasilitasi lulusan dalam dunia kerja. Tracer study sebagai upaya kontrol kualitas lulusan, evaluasi tingkat keterserapan kerja dan kiprah alumni setelah menamatkan studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Sedangkan fasilitasi lulusan diwujudkan dengan pengembangan pusat karir dengan tujuan memberikan bekal, informasi dan wawasan dalam memasuki dunia kerja.

Adapun program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Kerjasama dan Kelembagaan, untuk mendukung terlaksananya IKU yang ditetapkan oleh pimpinan (di bawah Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama) di antaranya:

  1. Inisiasi pembuatan tracer study;
  2. Monitoring, evaluasi, dan inisiasi kerjasama;
  3. Workshop penguatan kerjasama;
  4. Workshop Administrasi dan Teknis kerjasama;
  5. Career counselling;
  6. RDK & inputing Data MOU dan PKS;
  7. Inisiasi dan Revitalisasi Kerjasama;
  8. Kegiatan-kegiatan lain yang secara rutin menjadi tugas pokok dan fungsi Bagian Kerjasama dan Kelembagaan, drafting MoU dan PKS, mediasi dan fasilitasi kerjasama, dan lain-lain.