Jakarta– UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia sepakat meneken kemitraan, Senin (09/04/2018). Penandatanganan ini dilakukan oleh Prof. Dr. Dede Rosyada, MA, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan Dr. Freddy Harris, S.H., L.L.M., A.C.C.S. selaku Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Tujuan kerjasama ini adalah untuk membangun kemitraan yang produktif, efektif, dan sinergis di bidang perlindungan, pengelolaan, dan pemanfaatan kekayaan intelektual. Ruang lingkup kerjasama ini meliputi penyebarluasan informasi dan sosialisasi di bidang kekayaan intelektual melalui kegiatan-kegiatan seminar, pelatihan, pameran, lokakarya, bimbingan teknis, workshop, dan/atau temu wicara.

Kerjasama ini juga mencakup penyelenggaraan pendidikan/pengajaran, penelitian, pengkajian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kekayaan intelektual. Selain itu juga akan dilakukan pertukaran data dan informasi di bidang kekayaan intelektual serta kegiatan lain yang dianggap perlu dalam bidang kekayaan intelektual.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Jakarta menyatakan bahwa perlindungan kekayaan intelektual ini perlu dilakukan guna mencegah terjadinya plagiasi umumnya di kalangan masyarakat dan lebih khusus lagi di kalangan akademisi. Sejalan dengan itu, Dirjen Kekayaan Intelektual mengatakan bahwa perlindungan kekayaan intelektual ini perlu dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap karya. (Iqb)